STUDI TIRU KE PT BONCAH UTAMA NAGARI BARULAK

  • Feb 14, 2023
  • Nagari Kumango

Berdasarkan Perpres 104 Tahun 2021, Penggunaan Dana Desa telah ditentukan untuk :

  1. Bantuan Langsung Tunai (40%)
  2. Program Ketahanan Pangan dan Hewani (20%)
  3. Penanganan Covid (8%)

Untuk memenuhi program ketahanan pangan dan hewani tersebut, Nagari Kumango akan melaksanakan kegiatan pembuatan kandang kambing dan pelatihan pemeliharan kambing. Sebagai pembekalan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut nantinya, Nagari Kumango melakukan kunjungan / studi tiru ke PT. Boncah Utama yang berada di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru (16/02)

PT. Boncah Utama tersebut bergerak di bidang peternakan kambing etawa. Peternakan yang didirikan sejak 2007 tersebut bergerak dalam produksi dan pengolahan susu kambing etawa, melakukan kegiatan pembibitan kambing, dan pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik. Kandang kambing yang berada di peternakan tersebut adapula pembagiannya, mulai dari kandang untuk pembibitan, kandang untuk kambing perah, kandang untuk anak kambing yang menyusui, kandang kambing jantan dan kandang kambing untuk isolasi bagi kambing yang sakit.

Semoga pengetahuan yang kami dapatkan pada kunjungan ke peternakan tersebut, bisa kami terapkan nanti di kegiatan pembuatan kandang kambing dan pelatihan pemeliharan kambing di Nagari Kumango.