Pemerintah Nagari Kumango Perkenalkan Logo RECTA

  • Feb 14, 2023
  • Nagari Kumango

Logo adalah suatu gambar, sketsa, atau tulisan, yang memiliki arti tertentu dan dapat mewakili entitas visual suatu identitas, baik itu organisasi, perusahaan, lembaga, negara, daerah, maupun produk.

Pada umumnya, sebuah logo memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep, di mana tujuannya untuk menciptakan sifat yang berdiri sendiri. Selain itu, setiap logo juga harus memiliki ciri khas tertentu yang membedakan satu dengan yang lainnya, seperti bentuk dan warna logo.

Sesuai dengan pengertian logo di atas, ada berbagai macam jenis logo yang mungkin belum banyak diketahui orang, diantaranya : Letter Mark, Word Mark, Pictorial Mark, Logo Abstrak, Logo Maskot, Logo Kombinasi,Logo Lambang.

Dan jenis logo yang dipakai oleh Pemerintah Nagari Kumango adalah jenis Logo Lambang, dimana Logo lambang adalah jenis logo yang terdiri dari huruf yang berada di dalam simbol atau ikon, lencana, segel, dan merupakan inti dari lambang tersebut. Logo jenis ini banyak digunakan untuk organisasi, sekolah, komunitas, industri otomotif, serta lembaga pemerintah.

Logo RECTA merupakan singkatan dari Relawan Cepat Tanggap Nagari Kumango. Adapun filosofi dari terciptanya logo RECTA ini adalah :

  1. Bulan Bintang :Menggambarkan lima (5) lembaga unsur (bintang) berada dalam Nagari Kumango (bulan)
  2. Warna bintang : Menggambarkan gabungan lima lembaga unsur yaitu
    • Orange         : Satgas
    • Biru              : Karang Taruna
    • Merah          : Pemuda
    • Abu-Abu      : FKPM
    • Hijau            : Linmas
  3. RECTA : Relawan Cepat Tanggap
  4. Garuda : menggambarkan lambang Negara Republik Indonesia

Ide untuk membuat logo ini sebenarnya muncul pada Tahun 2020 kemarin saat Pemerintah Nagari Kumango akan mengadakan Pelatihan Satgas yang terdiri dari berbagai lembaga unsur, namun karena adanya pandemi Covid-19 , pelatihan Satgas ini dibatalkan dan ide untuk membuat logo inipun berhenti di tengah jalan. Dengan adanya agenda Nagari Tahun 2021 yaitu Pelatihan Satgas Covid-19 dan Pelatihan Satgas Penanggulangan Bencana, maka  akhirnya pembuatan Logo yang tertunda Tahun 2020 bisa dilanjutkan dan terciptalah logo dengan nama RECTA dimana Pioneer dari munculnya logo ini adalah Wali Nagari Kumango Iis Zamora Putra, S.Pd yang dibantu juga oleh Perangkat Nagari Kumango.

Logo RECTA pertama kali dipublikasikan saat Pelatihan Satgas Covid-19, namun belum berbentuk fisik. Saat Pelatihan Satgas Penanggulangan Bencana logo telah dipublikasikan dalam bentuk fisik dan langsung ditempel di baju peserta pelatihan.