Pelatihan Satgas Penanggulangan Bencana Nagari Kumango

  • Feb 14, 2023
  • Nagari Kumango

Koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu, dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi. Dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam fase tanggap darurat harus dilakukan secara cepat, tepat, dan dikoordinasikan dalam satu komando. Untuk melaksanakan penanganan tanggap darurat, Pemerintah Nagari Kumango melaksanakan Pelatihan Satgas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Nagari Kumango Tahun 2021. Acara ini dibuka oleh Camat Sungai Tarab Afrizal,SE, turut dihadiri oleh Ketua BPRN Nagari Kumango, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar selaku Pemateri di hari pertama pelatihan seta PLD Nagari Kumango. Pelatihan ini bertempat di Aula Kantor Wali Nagari Kumango Senin (26 Juli 2021).

Adapun tujuan dari Pelatihan Satgas PB ini adalah meningkatan kemampuan peserta untuk melakukan perencanaa tanggap darurat serta meningkatan kemampuan peserta untuk melakukan kegiatan tanggap darurat.

Anggaran untuk Operasional Satgas Nagari ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya di APB Nagari Kumango, namun untuk Pelatihan nya baru Tahun 2021 ini bisa terlaksana, sebelumnya Tahun 2020, Pemerintah Nagari Kumango telah menganggarkan untuk Pelatihan Satgas PB ini,namun terkendala karena munculnya Pandemi Covid-19 di awal Tahun 2020,sehingga Pelatihan Satgas PB Tahun 2020 terpaksa dibatalkan, dan Alhamdulillah Tahun ini Pelatihan Satgas PB dapat dilaksanakan. Pelatihan ini sangat penting sekali untuk dilaksanakan, melihat kondisi alam yang saat ini rawan dengan bencana alam. Oleh sebab itu dengan Pelatihan Satgas PB ini, diharapkan para personil bisa terlatih dalam menanggulangi bencana nantinya.

Adapun narasumber dari Pelatihan Satgas PB ini adalah Dinas Kesehatan yang member materi salah satunya adalah tentang Covid-19 serta dari BPBD Kabupaten Tanah Datar yang memberi materi tentang Konsep penanggulangan bencana (PB),Sistem Komando Terpusat, Tim Reaksi Cepat, Mekanisme kedaruratan bidang kesehatan, Mekanisme kedaruratan bidang logistik, Mekanisme kedaruratan bidang penyelamatan pengungsi, Monitoring dan evaluasi tahap tanggap darurat, Studi kasus, kerja kelompok, dan kegiatan lapangan.

Peserta Pelatihan Satgas PB ini berjumlah 20 orang, 4 orang diantara nya cewek dan 16 orang cowok. Pelatihan dilaksakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 26 Juli sampai 28 Juli 2021.