NAGARI KUMANGO IKUTI WORKSHOP PENINGKATAN APBDesa DALAM MENGDUKUNG KEGIATAN AIR MINUM DAN SANITASI

  • Feb 14, 2023
  • Nagari Kumango

Air minum dan sanitasi, merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa.

Air minum/ air bersih dan sanitasi melalui program Pamsimas adalah program yg partisipatif di Nagari. Perlu dibina semangat gotong royong, jiwa pemeliharaan terhadap asset yg ada.

Peran strategis Pemerintah Nagari adalah melihat peluang-peluang untuk bisa selalu mengembangkan pembangunan air minum dan sanitasi ini mencapai 100 %.

Intinya seluruh masyarakat bisa memanfaatkan air minum/air bersih dan mempunyai sanitasi (tempat buang air besar) yg sesuai dengan standar kesehatan.

Dalam pencapain program ini, dukungan partisiapasi dan pemahaman masyarakat sangat dibutuhkan, semogaa...bisa tercapai di masing-masing Nagari/ Desa.

Dalam rangka keberlanjutan universal akses air minum dan sanitasi bagi masyarakat Desa dengan dukungan perencanaan dan anggaran dari Pemerintah Desa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa akan melaksanakan Workshop Peningkatan APBDesa dalam mendukung Kegiatan Air Minum dan Sanitasi Di Jakarta. Nagari Kumango mendapatkan undangan untuk mengikuti workshop tersebut pada tanggal 15 - 17 September 2021 di El Hotel Royale Jakarta. Workshop iti diikuti oleh 150 Kepala Desa se-Indonesia di mana Nagari Kumango mewakili dari kabupaten Tanah Datar dan salah satu Nagari dari 8 Nagari di Provinsi Sumatera Barat yang diundang.

Terkait kategori Desa/Nagari yg di undang adalah Nagari/ Desa yg mau memberikan dananya lebih dari 10 % (lebih dari 40 jutaan) untuk kegiatan pembangunan air bersih di Nagari.

“Alhamdulillah dua kali kegiatan Pamsimas di Nagari Kumango, kita berikan dana dari nagari lebih dari 10% tersebut, bahkan mencapai 40%, hal ini kita lakukan melihat kebutuhan masyarakat kita di Nagari tentang air bersih, dan juga berdasarkan hasil musyawarah kita di Nagari dan usulan-usulan dari Perantau. Hal ini menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Pusat Kementrian Dalam Negeri Dirjen Bina Pemerintahan Desa, karena Nagari kita mampu dan mau memberikan Dana Desa lebih dari 10% untuk pembangunan air bersih, maka Nagari kita salah satu Nagari/Desa yg diundang ke Jakarta untuk mengikuti Workshop Peningkatan APBDes dalam mendukung kegiatan air minum dan sanitasi selama 3 hari di jakarta,” kata Iis Zamora Putra,S.Pd Wali Nagari Kumango.

 

Kita ucapkan terimaksih thdp masyarakat kita dan perantau dalam dukungan ke pemerintah nagari selama ini.

 

Kita sadari belum sempurna kita dalam pengelolaan air bersih dan sanitasi di nagari kita, tapi kita akan selalu mencoba meningkatkan hal tersebut.

Dukungan, doa selalu kami harapkan.

Teriring permohonan maaf thdp kinerja kami yg belum memuaskan. Saran saran dan nasehat sangat kami butuhkan dalam evaluasi kinerja kami di nagari.

Semoga... Kedepannya kami lebih baik dalam mengemban amanah.